SMK Tamtama Karanganyar Laksanakan UNBK keempat Tahun ini

By: Maya Juwita
26 Maret 2019
660

Menjadi salah satu pilotting UNBK,sudah empat kali SMKTamtamaKa laksanakan UNBK

     Hai Sobat The Pen. Pastinya sudah tahu kan kalau sekarang sedang berlangsung yang namanya UNBK? Efeknya adalah para siswa kelas X dan XI mendapatkan Day-Off atau tidak ada kegiatan PBM. Kali ini, Pena akan membahas sedikit mengenai UNBK. 

    Apa sih UNBK itu sebenarnya? Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. 

     Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

     Sebenernya nih UNBK udah mulai dilaksanakan sejak tahun 2015. Saat itu, SMK Tamtama Karanganyar sudah dimintai kesanggupan untuk melaksanakan UNBK. Namun mengingat sarana dan prasarana yang masih belum cukup(secara sepsifikasi), maka SMK Tamtama Karanganyar minta perpanjangan waktu hingga tahun berikutnya untuk mempersiapkan peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan agar pelaksanaan UNBK berjalan lancar. 

     Pada tahun 2016, SMK Tamtama Karanganyar sepakat untuk melaksanakan UNBK pertama di kabupaten Kebumen. Kala itu, hanya 5 sekolah SLTA yang menyanggupi untuk melaksanakan UNBK.Salah satunya adalah sekolah kita tercinta ini. Dihitung dari awal pelaksanaan, hingga pelaksanaan tahun ini berarti sudah empat kali SMK Tamtama Karanganyar mengadakan UNBK. 

      Nah, gimana nih guys? udah tau arti UNBK kan? dan juga, sekolah kita termasuk tuh kedalam salah satu sekolah yang menjalankan UNBK. Membuat kita semakin bangga sebagai siswa yang bersekolah disini. Sekian.


Maya Juwita

Interviewer | Siswa OTKP2 2017, Anggota Patroli Keamanan Sekolah Tamka. Mentor of Tamka English Club

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account